Sunday, 12 June 2011

Yuuk... Berwisata ke Purbalingga

Purbalingga pernah begitu tersohor karena menjadi tempat tinggal kanibal bernama Sumanto. Tapi Purbalingga bukan cuma dikenal karena Sumanto yang membuat orang bergidik hanya dari mendengar namanya. Banyak juga yang mengenal kota ini lewat obyek wisata yang dimiliki. Apa saja obyek wisata di Purbalingga? Nah, dibawah ini deskripsi beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

1. Owabong (Obyek Wisata Air Bojongsari)

Tempat Wisata di Kota Purbalingga
Owabong kini menjadi salah satu tujuan wisata terbesar di Jawa Tengah. Wisata air ini memiliki berbagai wahana di antaranya Waterboom, Pantai Bebas Tsunami, Ember Tumpah, Gokar dan Fun Rafting.

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan sarana pendukung berupa Cottage bagi pengunjung yang akan menginap. Untuk memanjakan pengunjung, Owabong membuka dua wahana baru setiap tahunnya. Obyek wisata ini terletak di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari.



2. Goa Lawa

Tempat Wisata di Kota Purbalingga
Goa Lawa merupakan goa alam yang terletak di bawah permukaan tanah di lereng Gunung Slamet yang terbentuk dari aliran larva yang membeku. Panjangnya mencapai 1,5 km dan luas 5 km.

Di dalam goa terdapat banyak stalaktit dan stalakmid yang menawan, juga banyak kelelawar yang tinggal di dalam goa yang menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Obyek wisata ini terletak di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja







 3. Taman Reptil dan Serangga

Tempat Wisata di Kota Purbalingga
Obyek wisata wisata ini berlokasi di Desa Karangbanjar, Kecamatan Kutasari, Kab. Purbalingga. Taman Reptil dan Serangga berdiri di lahan seluas 2 hektar. Obyek wisata ini memiliki koleksi ribuan serangga unik dari seluruh dunia. Untuk jenis reptil, taman ini memiliki koleksi buaya, biawak, kadal,  iguana dan berbagai jenis ular baik yang berbisa maupun tidak berbisa.

Obyek wisata ini cocok sebagai tujuan wisata pendidikan anak. Banyak reptil yang berbahaya, jadi anak yang berkunjung ke obyek wisata ini sebaiknya mendapat pendampingan dari orang tua.


4. Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman


Tempat Wisata di Kota Purbalingga
Panglima Besar Jenderal Soedirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916 di Dukuh Rembang Desa Bantarbarang Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Untuk mengenang pahlawan nasional itu, pemerintah membangun monumen di sana.

Monumen ini mulai dibangun pada tanggal 6 Februari 1976, oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga pada masa Bupati Goentoer Darjono. Monumen ini merupakan bentuk penghargaan atas jasa-jasa perjuangan beliau dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI.

Monumen ini menjadi salah satu obyek wisata pendidikan dan sejarah di Purbalingga. Berbagai acara penting pemerintahan juga kerap digelar di aula museum yang luas. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi pada hari libur sekolah. Meski belum banyak fasilitas rekreasi yang tersedia, tempat ini layak menjadi alternatif tujuan wisata Anda.






3. Akuarium Raksasa 

Tempat Wisata di Kota Purbalingga
Obyek wisata ini mirip Sea World (Dunia Laut Taman Impian Jaya Ancol). Namun bedanya, semua ikan di akuarium itu berasal dari jenis ikan air tawar.

Menariknya, terdapat pula ikan langka dari Amazon, yakni Araphaimagigas. Banyak pula yang menamai obyek wisata ini sebagai River World Mini. Obyek wisata ini terletak di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara.

Selamat berwisata di Purbalingga.



*Indri Setiani, Sofyan


Artikel terkait:

4 comments:

Pena Vita said...

Taman reptil itu sekarang namanya Sanggawuni lho...
Kapan yuk ekspedisi singgahi semua obyek wisata di Purbalingga...

Sofyan NH said...

Hayuuuuuk.......

Anonymous said...

ada kabar barukah di desaku????

Valena Michelle said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Budayakan meninggalkan jejak di blog yang dikunjungi dengan memberikan komentar, terimakasih....

 
Desain diolah oleh Sofyan NH | Bloggerized by Ideaku Online | Gunungwuled