Tuesday, 10 January 2012

Hmmm.... Nikmatnya Wisata Kuliner di Purbalingga

Rumah Makan Enak di Purbalingga
Kya-Kya Mayong
Beberapa bulan lalu, seorang sahabat mengirim pesan singkat ke handphone saya. Sahabat dari kota pesisir di Jawa Tengah itu bilang tengah berada di kotaku, Purbalingga. Sejumlah obyek wisata sudah disinggahi termasuk Owabong, tapi ada yang belum lengkap, "Aku butuh memanjakan lidah," katanya.

Aku berpikir. Rasanya memang kurang lengkap jika berkunjung ke suatu kota tapi tidak menyempatkan diri menikmati masakan setempat yang begitu mengundang selera. Jadi kurekomendasikan beberapa tempat. Biar dia tidak cuma tahu Owabong. Tapi juga bisa berwisata kuliner yang hmmm yummy di Purbalingga.

Bagi yang penasaran dengan masakan Purbalingga, berikut ini rekomendasi wisata kuliner yang bisa dilakukan: 

Soto Misdar 

Sejumlah daerah punya masakan soto yang memiliki ciri khas bumbu dan rasa yang berbeda termasuk Purbalingga. Nah di kota perwira ini soto yang paling terkenal bernama Soto Misdar. Bagi saya, kesan singkat tentang soto ini cuma dua kata: mantap dan puas. Anda harus mencobanya.

Soto Misdar berlokasi di depan Pengadilan Negeri Purbalingga di pinggir Sungai Klawing. Sepanjang hari rumah makan ini sangat ramai. Tapi tak perlu khawatir tidak kebagian tempat buat makan. Soto Misdar bisa dibawa pulang buat oleh-oleh. Kuah dikemas terpisah dan hanya butuh beberapa menit untuk dipanaskan lagi di rumah.

Gule Melung Bu Hadi 

Masakan gulai juga dikenal di hampir seluruh Indonesia.. Tapi gulai yang ini pasti tidak dimiliki daerah lain. Gulai melung sebenarnya gulai kambing yang terdiri dari kuah, daging, tulang, dengkil (kaki kambing) serta bagian kepala kambing.

Gulai disajikan dengan ketupat. Sedangkan kuah dan daging masing-masing ditaruh di mangkok terpisah. Jika mencicipi kuahnya, rasa khas bumbu begitu terasa. Ditambah lagi dengan aroma wangi yang khas dari bumbu daun salam, sere, bawang dan combrang. Rasa dagingnya juga empuk. Hmmm, ini baru gulai.

Oya sampai lupa ngasih tau tempatnya. Rumah makan Gulai Melung berada di Dusun Melung Desa Larangan Kecamatan Kejobong. Tapi ada juga cabangnya di Karangsentul, di depan Pabrik Mie Pandus.

Sate Ayam Blater 

Lokasi Sate Ayam Blater berada di Desa Blater Kecamatan Kalimanah. Ciri khas Sate Ayam Blater, rasa daging ayamnya sedikit manis.  Disajikan dengan bumbu kacang, sate ini terasa istimewa.
Bagi penyuka masakan pedas, sate ini sangat cocok dinikmati dengan sambal pedas. Pengolahan yang khas dari sate ayam ini juga membuat rasa sate lebih awet. Rasanya tetap enak meski dimakan beberapa jam setaelah dibakar. 

Kya-Kya Mayong

Keinginan makan enak tidak mengenal waktu. Malam hari pun Anda masih bisa menikmati berbagai makanan lezat di Purbalingga. Pusat aneka makanan Purbalingga pada malam hari bernama Kya-Kya Mayong yang berada di Gang Mahyong dekat dengan Alun-alun Purbalingga.

Tempat ini menyediakan hampir semua jenis makanan seperti martabak, bakso, soto, aneka mie, kue, seafood, sate kelinci, rawon, aneka bubur dan lain-lain. Harganya? Ssttt...dijamin murah.

Selamat Bersantap!!!!

SNH


Artikel terkait:

1 comments:

Valena Michelle said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Budayakan meninggalkan jejak di blog yang dikunjungi dengan memberikan komentar, terimakasih....

 
Desain diolah oleh Sofyan NH | Bloggerized by Ideaku Online | Gunungwuled