Wednesday, 24 October 2012

Permen Davos Asli Produksi Purbalingga Sejak 1931

Permen Davos Produksi Purbalingga
Permen Davos yang berukuran kecil cocok untuk berbagi

Kalau ada yang bertanya, apa permen yang paling disukai waktu kecil dulu? Saya akan menjawab: Permen Davos. Bagi kamu yang seumuran saya pasti tidak asing dengan nama permen rasa mint itu, bukan?

Nah, bagi yang belum pernah mengenal Davos, coba deh tanya nama permen itu ke bapak - ibu atau kakek - nenek kamu. Saya jamin, mereka bisa dengan gamblang menjelaskan rasa permennya yang semriwing, yang membuat suasana jadi santai kayak di pantai (sedikit hiperbola nih).

Oya sungguh kebetulan, saat mengetik tulisan ringan ini, teman sebelahku diam-diam mengintip. Lalu berkomentar tanpa kupinta, "Permen Davos? Masih ada gak sih, ah itu kesukaan mbahku lo," Nah terbukti kan....

Baiklah. Saya rasa tidak diragukan lagi bahwa penyuka permen Davos bukan hanya saya, tapi sangat banyak dan telah melewati beberapa generasi. Pernyataan itu tidak lah berlebihan. Maklumlah, permen Davos rupanya sudah diproduksi sejak tahun 1931. 

Meski banyak orang menyukai permen Davos ternyata tidak banyak yang tahu jika pabriknya berada di Purbalingga. Ya, kita semua boleh berbangga, permen Davos yang melegenda itu merupakan produk asli Purbalingga.   

Alkisah, pada 28 Desember 1931, Siem Kie Djian merintis produksi permen Davos. Dalam perjalanannya, bisnis permen Davos sempat mengalami masa pasang dan surut. Pada masa penjajahan Jepang, Davos mengalami keterpurukan. Tapi bisa bangkit lagi setelah Indonesia menyatakan diri sebagai negara merdeka pada 1945. Selanjutnya pabrik permen Davos diberi nama PT Slamet Langgeng. Nama itu tetap dipergunakan hingga sekarang.

Dari nama perusahaannya saja gampang ditebak kan bahwa lokasinya berada di lereng Gunung Slamet. Nama Slamet Langgeng memang diambil dari nama gunung tertinggi Jawa Tengah itu. Sedangkan nama Davos konon terinspirasi dari nama kota berhawa sejuk di Swiss. Hawa sejuk itu dinilai mewakili rasa dingin permen mint ini.

Lalu di mana lokasi pabrik Davos? Kamu bisa mengunjunginya di Kelurahan Kandanggampang, Kecamatan Purbalingga. Usai berkunjung, jangan lupa bawa oleh-oleh permen Davos buat Kakek - Nenek ya. Duh, cucu yang baik....

SNH 



Artikel terkait:

1 comments:

Valena Michelle said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Budayakan meninggalkan jejak di blog yang dikunjungi dengan memberikan komentar, terimakasih....

 
Desain diolah oleh Sofyan NH | Bloggerized by Ideaku Online | Gunungwuled