Wednesday, 21 November 2012

Jejak Purba di Desa Candinata

Situs Purbakala di Purbalingga
Batu Lingga
Ada banyak jejak sejarah jaman purbakala yang bisa dijumpai di Kabupaten Purbalingga. Salah satunya berada di desa tua Candinata, Kecamatan Kutasari. Di tempat itu terdapat peninggalan jaman batu berupa batu Lingga dan Gua Genteng.

Lokasi Candinata, tepatnya berada di sebelah utara berbatasan dengan Desa Karang Jengkol, sebelah timur berbatasan dengan Desa Bumisari (Kec. Bojongsari), sebelah selatan berbatasan dengan Desa Karang Cegak, dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Candiwulan.

Dari namanya, Candinata konon bermakna candi yang ditata. Namun tidak sembarangan orang bisa melihat candi itu. Bangunan candi itu, lagi-lagi menurut cerita, hanya bisa dilihat oleh mereka yang memiliki indra ke enam. Jika Anda melihatnya secara nyata, sama sekali tidak ada bangunan candi tua di sana.

Yang tampak hanya Batu Lingga atau Menhir yang berfungsi sebagai tempat pemujaan roh nenek moyang. Keberadaan batu Lingga menegaskan bahwa jaman dahulu kala, Candinata merupakan pusat peradaban purba. 

Selain itu, ada Gua Genteng yang lokasinya berdekatan dengan Desa Karang Jengkol. Lokasi gua berada di lereng bukit yang terbentuk dari lelehan lava. Lokasi goa itu sulit dijangkau. Hanya ada jalan setapak satu-satunya yang berdampingan dengan jurang terjal. 

Menurut pitutur para sesepuh, konon Gua Genteng merupakan tempat pertapaan Raden Genteng berabad-abad silam. Wajar saja, jika hingga kini Gua Genteng kerap dijadikan tempat bersemedi mereka yang tengah memperdalam ilmu gaib.

SNH


Artikel terkait:

1 comments:

Valena Michelle said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Budayakan meninggalkan jejak di blog yang dikunjungi dengan memberikan komentar, terimakasih....

 
Desain diolah oleh Sofyan NH | Bloggerized by Ideaku Online | Gunungwuled