Thursday, 4 April 2013

Persibangga, Klub Sepakbola Kebanggaan Purbalingga


Klub Sepakbola Persibangga Purbalingga
Laga baru berjalan 10 menit, Asep Rudianto membuat Stadion Goentoer Darjono bergemuruh oleh ribuan Braling Mania, sebutan untuk suporter klub sepakbola Persibangga Purbalingga. Gol pemain belakang Persibangga ke gawang Persib Bandung itu sekaligus mematrikan kemenangan Persibangga 1-0 dalam laga uji coba masa libur kompetisi.


Itulah nukilan pertandingan sepakbola beda kasta setengah tahun lalu yang mencatatkan sejarah tersendiri bagi sepakbola Kota Perwira. Kemenangan Laskar Soedirman waktu itu benar-benar menampar muka klub papan atas Indonesia Super League (ISL) itu.

Maklum Persibangga hanya klub yang berlaga di Divisi Utama Indonesian Premier League (IPL) yang selama ini dipandang remeh oleh klub-klub ISL. Jadi meskipun hasil rematch satu minggu berikutnya Persib membukukan kemenangan dengan skor yang sama, Maung Bandung sudah terlanjur malu.

Persibangga memang layak menjadi kebanggaan warga Purbalingga, sebuah kota kecil yang namanya jarang disebut dalam riuh pemberitaan media nasional. Kemenangan dari Persib itu hanya satu catatan kecil. Persibangga juga pernah mengalahkan Timnas U-19. Jadi kesebelasan yang dilatih oleh Rokhman Supriyadi itu tak bisa lagi dipandang remeh.

Tengoklah perjalanan Persibangga di level nasional. Pada musim kompetisi 2010/2011, Persibangga berhasil menjuarai Liga Divisi II PSSI setelah mengalahkan Persewar Waropen di partai final. Selanjutnya pada musim 2011/2012, Persibangga yang telah naik kelas di Divisi I berhasil finis sebagai Runner Up setelah dikalahkan oleh Persekap di partai puncak. Dengan hasil itu, Persibangga kembali naik kelas ke Divisi Utama pada musim 2012/2013.

Braling Mania, Suporter Fanatik PersibanggaYang perlu diketahui, sebelumnya klub sepakbola ini bernama Persap Purbalingga. Nama kesebelasan itu berubah menjadi Persibangga Purbalingga sejak tahun 2011 ketika akan memasuki kompetisi Divisi I hingga saat ini. Sedangkan markas klub berada di Stadion Gelora Goentoer Darjono yang memiliki kapasitas 15.000 penonton.

Stadion milik Pemkab Purbalingga itu terletak di Jalan Wiramenggala, Purbalingga. Nama stadion diambil dari nama Bupati Purbalingga periode 1973-1979 yang dinilai berjasa dalam membangun Purbalingga. Pembangunan stadion dilakukan pada tahun 2008 untuk menggantikan Stadion Wasesa yang telah berubah menjadi Pasar Segamas.

Saat ini, kepengurusan Persibangga dipimpin oleh Tasdi yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Purbalingga. Sedangkan pelatih klub dipercayakan kepada Rokhman Supriyadi yang merupakan mantan pemain klub ibukota Persija Jakarta.

Berikut ini daftar pemain Persibangga tahun 2012/2013: Suhaimin, Endi Haryanto, Muaziz Syafii, Triono Putra, Willy Adi Susanto, Komaidi, Suwarno, M Faizol Arif, Inggit Prayitno, Farikhin, Nanto, Galih Tri Handoko, Ruli Imanda, Khosim, Voller Ortega, Asep Rudianto, Aldhika Akbari, Gunaryo, Didin H, Anugrah Setia Aji, Saptono dan Anggi Prabowo. 

Persibangga, Buatlah Purbalingga Bangga!!! 

SNH


Artikel terkait:

3 comments:

Joko Tole said...

Pemisi numpang tenar..karo wong gunungwuled..

yuni akukangen said...

Maju terus persibangga

Valena Michelle said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Budayakan meninggalkan jejak di blog yang dikunjungi dengan memberikan komentar, terimakasih....

 
Desain diolah oleh Sofyan NH | Bloggerized by Ideaku Online | Gunungwuled